Rabu, 25 Juli 2012

Apa kriteria sebuah pusat data (Data Center)?

Pertanyaan ini sering muncul karena untuk menjadi sebuah pusat data (Data Center) dimana layanan awan tersedia itu tidak mudah, banyak faktor yang harus dipertimbangkan selain dari minimalnya gangguan alam seperti gempa bumi dan lainnya.  Setelah melakukan berbagai penelitian (dengan membaca berbagai artikel di Internet) dan mencari tahu kriteria apa yang dipakai oleh perusahaan besar sekelas Google, Amazon dan Facebook untuk membangun pusat data mereka.
Berikut adalah 10 kriteria utama (masing-masing perusahaan memiliki sekitar 40 sampai dengan 50 kriteria dalam memilih lokasi pusat data) yang dipakai perusahaan-perusahaan ini dalam membangun pusat data:
  1. Biaya listrik yang murah
  2. Ketersediaan listrik yang handal
  3. Area pedesaan
  4. Adanya insentif dari negara dan wilayah
  5. Tersedianya air 
  6. Birokrasi yang sederhana
  7. Dekat dengan pusat Internet
  8. Dekat dengan kota besar dan lapangan udara
  9. Dimulai dengan perusahaan besar
  10. Cuaca yang mendukung
Google, Apple, Facebook, Disney, AT&T dan masih banyak lainnya untuk wilayah Amerika, mereka memilih negara bagian Karolina Utara (North Carolina) seperti kota-kota Lenoir, Hickory, Forest City dan Maiden.  Bahkan daerah Catawba negara bagian Karolina Utara mempublikasikan daerah-daerah mereka yang siap dijadikan pusat data lewat web site mereka.  Masing-masing negara bagian berlomba-lomba untuk mendapatkan bagian dari kue yang cukup besar, termasuk negara bagian tetangga, Karolina Selatan (South Carolina).

Walau Karolina Utara menikmati panen karena banyaknya perusahaan besar di dunia menanamkan banyak investasi pada negara bagian itu lewat pusat datanya, bahan baku sumber energi masih menjadi perhatian termasuk organisasi Greenpeace.  Apple yang membangun pusat data di wilayah Karolina Utara terpaksa membangun sumber energi sendiri berbasis panel surya (solar panel) karena dikritik menggunakan sumber energi yang tidak ramah lingkungan seperti batu bara dan nuklir.  Selain di Karolina Utara, Apple merencanakan menaruh pusat data di negara bagian Nevada (dekat Reno) dan negara bagian Oregon seperti yang dilansir cnet.

Lokasi pusat data Google di dunia dapat dilihat di situs google khusus pusat data.  Bahkan google membanggakan pusat data di Singapura (selesai awal 2013) sebagai salah satu pusat yang paling ramah lingkungan dan paling efisien di wilayah Asia.

Pertanyaan: 
  1. Wilayah mana di Indonesia yang cocok untuk menjadi tempat pusat data untuk layanan awan sekarang dan di masa mendatang? 
  2. Kriteria apa saja yang perlu dipakai dalam menilai pusat data di Indonesia?
Silahkan berbagi opini di blog tersebut ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar