Selasa, 13 November 2012

Layanan Awan Google Cloud SQL

Pada awal bulan November 2012, Google baru saja meluncurkan Google Cloud SQL yang berbasis open source MySQL (versi 5.5 pada saat diluncurkan).  Google Cloud SQL ini adalah bagian dari solusi Google App Engine yang terus digulirkan untuk mendukung layanan komputasi awan.  Dengan menggunakan layanan ini, maka pengguna tidak perlu dipusingkan dengan masalah seperti pengujian, pengelolaan, dan integrasi dengan layanan Google Cloud lainnya.  Layanan ini diberikan gratis untuk pengguna mencoba sampai dengan Juni 2013 seperti tertera dalam daftar harga layanannya.
Google mendefinisikan semua fungsi yang didukung dan fungsi yang tidak didukung pada halaman FAQ mereka. Adapun beberapa batasan teknis dari layanan tersebut diantaranya adalah:
  • Kapasitas Database tidak lebih besar dari 10 GB
  • Pemrograman hanya bisa menggunakan Java atau Python
Karena komputasi awan dirancang untuk melayani dengan tingkat fleksibilitas dan utilitas yang tinggi, namun batasan manajemen untuk layanan tersebut tetap dilakukan dan diantaranya:
  • Penggunaan database dibulatkan ke hitungan jam terdekat
  • Perubahan billing plan maksimal 3 kali dalam satu bulan
Bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan layanan tersebut, Google memberikan harga spesial yang dapat dilihat di sini.

1 komentar: